Monday 10 December 2012

MOTIVATION = ATTITUDE


this is the mindfucking book =p
Berawal dari diskusi ringan dengan seorang teman kuliah via bbm tentang passion,suatu saat saya direkomendasikan untuk membaca buku karangan Rene Suhardono yang berjudul Your Job is Not Your Career. Hmm buku ini menarik banget kalau menurut saya pribadi, salah satu teman saya yang lain menyebut buku ini “mindfucking banget” hahaha... karena memang membongkar paradigma yang mungkin sudah dianut sebagian besar orang sejak lama dan memberikan alternative (atau lebih tepatnya pencerahan menurut saya) untuk menjalani hidup dengan lebih berarti dan bahagia. 


Salah satu chapter dalam buku ini yang paling mengena bagi saya adalah chapter yang berjudul “Motivation = Attitude”. Dalam chapter ini dijelaskan bahwa we are within the prison walls of our mind, nah attitude selain sering diterjemahkan sebagai perilaku, sebenarnya juga mencakup segala hal yang kita pikirkan serta pandangan atau respon kita atas segala hal. Nah attitude kita ternyata mempengaruhi bagaimana hidup kita berjalan selama ini dan akan bagaimana berjalan ke depannya. You are what you think you are and you will become what you think you will become.

Good news nya adalah kita sebenarnya punya kendali penuh atas attitude kita, tapi sayangnya kadang kita sendiri gak merasakan hal ini, karena memang ketika dihadapkan kepada situasi yang tidak menyenangkan akan jauh lebih mudah bagi kita untuk komplain, menyalahkan orang lain, atau bahkan menyerah daripada menjaga attitude kita agar tetap positif. Padahal dengan attitude yang baik dan terjaga akan menjadi mudah bagi kita untuk berbahagia dimana saja, dengan siapa saja, melakukan apa saja, dan kapan saja... interesting right? =D Karena pada dasarnya dalam hidup kita selalu punya pilihan untuk be happy or unhappy , mau pencet tombol yang mana it’s all up to you!

Setelah meresapi isi chapter ini saya mulai tuh memperhatikan attitude saya terhadap segala hal yang datang dalam kehidupan, entah itu tentang kerjaan, hubungan dengan keluarga dan teman-teman, even terhadap ruwetnya lalu lintas hehehe…. Dan memang benar kalau kita tetap memilih untuk happy dan mencoba menjaga attitude kita hidup rasanya jadi lebih enteng dan otomatis output tindakan kita juga lebih baik. Dan dengan attitude yang baik orang-orang di sekitar kita juga akan lebih nyaman berkomunikasi dengan kita, coba deh pikirin… apa rasanya deket-deket dengan orang yang suka banget komplain atau nyalahin orang? Capek hati kan pasti hehehe auranya negatif pula...

Nah dalam proses mencapai mimpi atau cita-cita, attitude ini menjadi sangat penting karena akan jadi bahan bakar tambahan kita ketika harus menghadapi segala halang rintang yang ada. Makanya dikatakan di atas kalau motivation = attitude , karena ketika kita punya attitude yang baik dan terjaga it will keep us motivated to do our best till we got what we want =) jadi mulai sekarang daripada buang buang waktu untuk complaining tentang situasi kerja, bos yang killer, dosen yang pelit nilai, teman satu tim kepanitiaan yang gak koorperatif, pemerintah yang gak beres, jalanan yang macet atau apapun itu, mending arahkan energinya untuk tetap menjaga motivasi kita tetap menyala dengan memilih untuk selalu punya attitude yang baik dan positif… May Happiness always around us, amiiiiien o=)


All about CHOICES
Selalu ada PILIHAN dalam hidup

Selalu lebih baik memilih yang POSITIF
Dan melihatnya sebagai yang POSITIF


No comments:

Post a Comment